Jumat, 29 Agustus 2025

B1_6. Kegiatan Berbicara

 A. Memperkenalkan Diri dengan Kata Sifat

Saat memperkenalkan diri, kita tidak hanya menyebut nama, tetapi juga bisa menambahkan kata sifat agar orang lain lebih mengenal kita.

Contoh:
“Namaku Sinta. Aku anak yang ceria, rajin belajar, dan suka menolong teman.”

👉 Kata sifat: ceria, rajin, suka menolong.


B. Mendeskripsikan Teman secara Lisan

Kita juga bisa melatih berbicara dengan mendeskripsikan teman.
Caranya:

  1. Sebutkan nama teman.

  2. Ceritakan ciri fisiknya.

  3. Ceritakan sifat atau kebiasaan baiknya.

Contoh:
“Temanku bernama Raka. Ia tinggi dan berkulit sawo matang. Ia anak yang ramah dan pandai bermain bola.”


C. Bermain Peran: Teman Baru di Kelas

Siswa berpasangan. Satu siswa berperan sebagai teman baru, satu lagi sebagai teman lama. Mereka melakukan perkenalan singkat.

Contoh Dialog:

  • Teman Baru: “Hai, namaku Andi. Aku senang membaca cerita.”

  • Teman Lama: “Halo Andi, senang berkenalan. Aku Rani. Aku anak yang ceria dan suka menggambar.”

👉 Setelah itu, bisa bergantian peran.


Latihan Kegiatan Berbicara

  1. Latihan Individu:
    Perkenalkan dirimu di depan kelas dengan menggunakan minimal 3 kata sifat.

  2. Latihan Pasangan:
    Pilih seorang teman, lalu deskripsikan dia secara lisan (fisik + sifatnya).

  3. Latihan Bermain Peran:
    Lakukan percakapan singkat dengan tema Teman Baru di Kelas.


Ringkasan

  1. Memperkenalkan diri dapat dilengkapi dengan kata sifat.

  2. Mendeskripsikan teman bisa dilakukan secara lisan dengan menyebut ciri fisik dan sifatnya.

  3. Bermain peran membuat kegiatan berbicara lebih menyenangkan dan melatih keberanian berbicara di depan orang lain.


A. Menyadari Keunikan Diri

Setiap orang itu unik. Tidak ada dua orang yang sama persis. Keunikan bisa terlihat dari:

  • sifat,

  • kebiasaan,

  • kemampuan,

  • cara berbicara,

  • hobi, dan lain-lain.

👉 Dengan menyadari keunikan diri, kita bisa lebih percaya diri dan mensyukuri apa yang dimiliki.


B. Menghargai Keunikan Teman

Teman juga punya keunikan masing-masing. Ada yang pandai olahraga, ada yang suka menulis, ada yang rajin membantu.
Menghargai teman berarti:

  • tidak mengejek,

  • mendukung kelebihan mereka,

  • saling menolong saat ada kesulitan.


C. Sikap yang Diharapkan

Dalam kegiatan belajar ini, siswa diajak untuk menumbuhkan:

  1. Percaya diri – berani memperkenalkan diri dan menceritakan kelebihan.

  2. Jujur – apa adanya saat mendeskripsikan diri maupun teman.

  3. Menghargai perbedaan – menerima bahwa setiap orang istimewa dengan caranya sendiri.


Latihan Refleksi

  1. Tuliskan 3 hal unik tentang dirimu yang membuatmu istimewa.

  2. Tuliskan 2 kelebihan temanmu yang kamu kagumi.

  3. Ceritakan bagaimana kamu bisa menunjukkan sikap percaya diri, jujur, dan menghargai teman di sekolah.


Ringkasan

  • Setiap orang memiliki keunikan yang harus disyukuri.

  • Kita perlu menghargai keunikan teman dengan sikap positif.

  • Nilai yang dipelajari: percaya diri, jujur, dan menghargai perbedaan.

0 komentar:

Posting Komentar